BAGAIMANAKAH
STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA
A. ABSTRAK
AQUA merupakan
merek air minum dalam kemasan yang sangat terkenal di Indonesia. Namun bisnis
air minum dalam kemasan sangat menggiurkan, kurang lebih ada 10 produk air
mineral dalam kemasan yang menggunakan embel-embel nama AQUA. Strategi promosi
sangatlah penting untuk memasarkan produk yang kita miliki kepada para
konsumen. Walaupun telah memasarkan produk kita, namun kita perlu khawatir atas
pesaing-pesaing yang ada. Kita harus meyakinkan para konsumen agar tetap
memilih produk kita.
AQUA
is a brand of bottled
water that is very popular in
Indonesia. But the bottled water business
is very lucrative, there are over 10 products bottled mineral water using AQUA-frills name. Promotion
strategy is essential to market
the products we have to consumers.
Although it has been marketing our products, but
we need to worry over existing competitors. We
have to convince consumers to
keep choosing our product.
B. LATAR
BELAKANG MASALAH
Perkembangan dunia marketing pada saat ini sangat pesat,
dimana produsen dihadapkan dengan penyusunan strategi pemasaran yang efektif
dan efisien untuk dapat menjangkau pasar sasaran. Dalam konsep pemasaran
terdapat empat strategi yang dikenal dengan bauran pemasaran, yaitu adanya 4P diantaranya
product (produk), price (harga), promotion (promosi) dan place (saluran distribusi). Sebagian
perusahaan memilih untuk menggunakan komunikasi pemasaran terpadu (Intergated Marketing Communication)
sebagai bentuk promosi produknya terhadap konsumen.
Promosi menjadi salah satu bentuk
rangkaian dari kegiatan komunikasi pemasaran dengan tujuan untuk menarik minat
konsumen. Para produsen bebas menentukan dengan cara dan dengan media apa
produknya akan dipromosikan. Bentuk promosi yang dapat digunakan beragam
jenisnya dengan fungsi dan tujuannya masing-masing, yaitu advertising, personal selling, publicity,
sales promotion dan
sebagainya. Pada penggunaan iklan sebagai salah satu alat promosi produk masih
menjadi primadona yang secara efisien mampu menjangkau calon pembeli di segala
tempat. Bentuk iklan sangat bermacam ragam, serta anggaran yang dikeluarkan
untuk sebuah iklan juga bervariasi tergantung dengan bentuk iklan seperti apa
yang akan dijadikan alat promosi produk.
Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan
agar dapat mencapai sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan
untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai,
maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa
yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas. Dengan demikian, setiap
perusahaan harus mampu memahami kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai
organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat
tergantung pada perilaku konsumennya (Tjiptono,2008).
Pemasaran adalah suatu proses sosial
dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan perutukaran timbal balik produk dan
nilai dengan orang lain. Dari pengertian
tersebut nampak bahwa perusahaan menjajaki apa yang diminta dan dibutuhkan oleh
konsumen dan kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan
konsumen sehingga menjadikan konsumen memiliki banyak alternatif pilihan produk
sebelum mengambil keputusan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan.
Dalam
perkembangan selanjutnya, maka konsumen menjadi faktor kunci penentu atas
keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan di dalam memasarkan produknya.
Perusahaan harus mampu mengenali secara dini apa yang menjadi kebutuhan dan
harapan konsumen saat ini maupun masa yang akan datang.
Dengan
promosi perusahaan dapat mengkomunikasikan produk kepada konsumen.
Keunggulan-keunggulan dari produk dapat diketahui oleh konsumen dan bisa
membuat konsumen tertarik untuk mencoba dan kemudian akan mengambil keputusan
untuk membeli suatu produk tersebut. Jadi promosi merupakan salah satu aspek
yang penting dalam manajemen pemasaran karena dengan promosi bisa membuat
konsumen yang semula tidak tertarik terhadap suatu produk bisa berubah fikiran
dan menjadi tertarik pada produk tersebut.
Perusahaan
menggunakan promosi untuk memicu transaksi, sehingga konsumen mau membeli suatu
merek tertentu serta mendorong tenaga penjualan untuk secara agresif menjualnya.
Selain itu promosi mampu merangsang permintaan akan suatu produk. Dengan
promosi tersebut diharapkan konsumen mau mencoba produk tersebut dan mendorong
konsumen yang sudah ada agar membeli produk lebih sering lagi sehingga akan
terjadi pembelian ulang dan volume penjualan produk suatu perusahaan akan
meningkat.
Bisnis
Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) semakin menggiurkan,karena kebutuhan akan air
minum terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Perusahaan yang
menggarap bisnis AMDK pun semakin banyak dan terus melakukan ekspansi untuk
memperluas jaringan pasar produk-produknya.
AQUA
adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua
Golden Mississipi di Indonesia sejak tahun 1973. Aqua didirikan oleh Tirto
Utomo, warga asli Wonosobo yang setelah keluar bekerja dari Pertamina
mendirikan usaha AMDK.
Aqua
sebagai salah satu produsen air minum terbesar dan pertama di Indonesia masih
menjadi dalam bisnis market leader AMDK.
Tetapi walaupun demikian Aqua tetap tidak menghendaki para pelanggannya beralih
ke produk lain. Oleh sebab itu, tuntutan untuk selalu menjadi yang terbaik
harus menjadi komitmen organisasi agar para pengguna air minum masih tetap
setia untuk selalu mengkonsumsi air minum Aqua. Kesetiaan pelanggan tidak dapat
begitu saja diraih, tetapi memerlukan proses panjang untuk meyakinkan bahwa
Aqua merupakan air minum terbaik.
C. TUJUAN
DAN MANFAAT MAKALAH
1. Tujuan
Untuk menganalisis
strategi pemasaran air minum dalam kemasan merek aqua.
2. Manfaat
Untuk mengetahui strategi pemasaran
air minum dalam kemasan merek aqua.
D. PEMBAHASAN
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi
oleh PT. Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di
Indonesia, Aqua juga dijual di
Singapura. Aqua adalah merek
AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK
yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik
untuk AMDK. Di Indonesia, terdapat 14 pabrik yang memroduksi Aqua. Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki pula oleh
perusahaan multinasional dari Perancis, Danone, hasil dari penggabungan Aqua
Golden Mississippi dengan Danone.
Dari strategi perusahaan dominan Berbagai upaya dilakukan AQUA untuk membangun merek
agar tidak dipersepsikan konsumen sebagai sekadar komoditas. Selama 1986-1990 AQUA berkutat dan
berpacu dengan waktu untuk membangun kapasitas pabrik termasuk pendirian pabrik
baru dalam rangka mendekatkan diri ke pasar. Dalam rangka menyesuaikan
perkembangan usaha yang makin pesat pada 25 Juli 1989 nama PT Golden
Mississippi diubah menjadi PT AQUA Golden Mississippi. Sampai tahun 1990
kapasitas produksi AQUA meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun 1985 dari
hanya sebesar 38,23 juta liter menjadi 188,7 juta liter.Pabrik-pabrik yang mulai
dibangun antara lain di Bali (Mambal), Sukabumi (Ciburial), Medan (Brastagi)
dan Manado (Air Madidi). Demi membangun citra kualitas yang prima AQUA mulai
membangun pabrik dengan konsep integrated production. Maksudnya proses
pembuatan botol plastik mulai dilakukan di pabrik bersama-sama dengan proses
produksi air minum dalam kemasan.
Di kancah internasional AQUA telah meraih
berbagai penghargaan. Di antaranya AQUA AWARD dari International Bottled Water
Association (IBWA) dalam waktu 5 tahun berturut-turut dari tahun 1985 hingga
1989 dan penghargaan World Star dari Beijing, RRC.
Selain itu, pada 10 November 1987 AQUA
memperoleh sertifikat SII (Standar Industri Indonesia) dari Departemen
Perindustrian nomor 1359/M/II/1987 untuk produk AQUA Bekasi. Kemudian disusul
pabrik-pabrik AQUA lainnya. Dengan demikian seluruh produk AQUA telah
memperoleh tanda SII yang menunjukkan bahwa kualitas AQUA dapat dipercaya. AQUA
berhasil meraih penghargaan bergengsi seperti itu karena AQUA tak kenal lelah
untuk membangun merek. Pada dasarnya merek merupakan suatu cara untuk
membedakan suatu produk dari produsen lain yang berlainan. Merek dapat
mengantarkan suatu produk mempunyai hubungan dan arti khusus dengan konsumen
sehingga konsumen dapat membedakan harga, kualitas dan persepsi suatu produk
dengan produk-produk lain. Merek dapat memberikan suatu tingkat kualitas
tertentu sehingga pembeli yang puas akan selalu memilih produk tersebut.
Sumber kekuatan dari sebuah merek antara lain
:
1. Menyangkut citra yakni citra kualitas, citra
penampilan berupa kemasan, label atau karton pembungkus. Citra perusahaan
berupa gaya manajemen dan keagenan maupun reputasi.
2. Ketersediaan produk itu sendiri di mana saja
dan kapan saja.
3. Harga yang kompetitif.
4. Pelayanan yang menyangkut kepuasan pelanggan.
5. Inovasi berupa kemampuan untuk meremajakan
produk agar tidak menjadi tua.
Tahapan merek di industri AMDK terdiri dari
tiga tahap yakni tahap komoditas, tahap kategori produk (bottled water) dan
tahap merek spesifik (AQUA, Evian). Membangun merek untuk komoditas generik
seperti kopi, tepung terigu atau mineral sulit dan memerlukan waktu yang lama
dan mahal. Namun, sekali terbentuk menjadi merek seperti Kopi Kapal Api, Tepung
Terigu Bogasari atau AQUA akan sangat sulit digempur pesaing. Di sisi lain,
sekali mengalami masalah juga mudah sekali mengalami kehancuran seperti yang
terjadi pada Perrier ketika tercemar benzene.
Merek yang kuat umumnya lebih tahan banting
dibandingkan produk biasa atau tak bermerek dan lebih mudah pulih seperti
sediakala setelah dilanda krisis. Hal itu dibuktikan dengan kinerja AQUA yang
dengan cepat pulih setelah dilanda krisis moneter pada 1997-1998 dan ketika
menghadapi persaingan air minum isi ulang pada 2003. Selain itu merek yang kuat
selalu lebih diuntungkan karena lebih tahan lama di pasar.
Presiden Direktur PT Aqua Golden Mississippi,
Willy Sidharta mengatakan, Aqua terus gencar melakukan promosi untuk memelihara
pangsa pasar yang dimiliki. Namun, persaingan yang dilakukan, ujarnya tetap
pada kerangka persaingan yang sehat. Aqua yang menguasai separuh dari pangsa
pasar AMDK, menargetkan peningkatan penjualan 10 persen dari tahun sebelum yang
mencapai 3,1 miliar liter. Menjadi
pemain terbesar menjadikan Aqua menguasai pangsa pasar. Aqua merambah seluruh
pasar di dalam negeri.
Rahasia keberhasilan AQUA adalah kemampuannya untuk tumbuh secara cepat untuk menciptakan
ledakan permintaan untuk air dalam botol di Indonesia dan kemudian memasok
permintaan itu. Pada dasarnya, orang Indonesia mengkonsumsi lebih kecil dari
satu liter air dalam botol per tahun. Dibandingkan dengan 40 liter pertahun
diantara orang Amerika dan 60 liter pertahun untuk orang Eropa. Ada terlihat
banyak ruang untuk tumbuh , keduanya didalam negeri Indonesia dan diseputar
kawasan Asia-Pasifik.
Akan tetapi tetap saja dia bertahan. Dia
bangun instalasi penjernih air yang pertama di Bekasi, Jawa Barat. Cukup kecil
dengan kapasitas enam juta liter per tahun. Usaha sangat lamban dimana
instalasi hanya beropersi pada hari Senin dan Selasa. Segala sesuatu telah
berubah. Kini koran-koran mengacu Tirto sebagai Raja Air. Instalasi pemroses
AQUA Group memiliki kapasitas gabungan pertahun sebesar 485 juta liter air
mengeksport AQUA ke Singapore, Malaysia, Philipina, dan Australia.
Jika kita menoleh kepada logo AQUA yang baru :
AIR SEHAT SETIAP SAAT. Maka bila
AQUA tidak menjadi salah satu sponsor maka pada saat Olimpiade tidak ada AQUA
sehingga tidak setiap saat AQUA merupakan air sehat. Padahal perbulutangkisan
kita adalah yang tersehat didunia, jadi
yang paling kritis adalah bagaimana ada AQUA di Olimpiade dan itu adalah
bagaimana mengemas air sehat dalam botol dan kemasan.
AQUA Group saat ini telah menjadi perusahaan
air dalam kemasan yang terbesar di kawasan Asia-Pasifik, memperkirakan
penjualan lebih dari 300 juta liter air kemasan di tahun 1992. Memulai adalah
tidak terlalu mudah. Pada mulanya, banyak orang tertawa atas idenya bahwa orang
Indonesia akan membeli air minum dalam kemasan tersebut,
Dari strategi pemasaran, AQUA menggunakan
seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah
membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya,
mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik
internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat.
Dalam iklannya AQUA menekankan asal dari air dan proses produksinya. Asal dari
AQUA adalah benar-benar “sumber air
yang mengalir”, bukan air tanah yang dipompa kepermukaan tanah.
Merek-merek lain air yang diproduksi Grup AQUA menggunakan air yang dipompa,
tapi tidak menggunakan nama AQUA. Berita tentang AQUA menyebar dari kota besar
ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi perkiraan konsumen harus
dipikirkan. Sementara perkiraan tersebut AQUA mengandung mineral sehat,
sebenarnya tidak ada apa-apanya selain air dalam botol. Tidak dikarbonasi dan
tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA secara umum mengacu pada
“Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaimana memperkirakan. Pada
awalnya contoh promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop. Ada
pusat-pusat distribusi AQUA di Indonesia, dijalankan oleh PT. Wirabuana
Intrent, distributor tunggal produk-produk AQUA. Truk-truk AQUA yang selalu
siap sedia dimana saja kapan saja memastikan pengiriman yang handal pada outlet
eceran dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan pendingin air AQUA untuk
karyawannya.
AQUA adalah pemimpin pasar yang tidak dipertanyakan
dalam industri air dalam botol. Sistem penyaluran, strategi pemasaran, dan
kemasan yang istimewa menciptakan keunggulan bersaing. Sementara sebagian besar
adalah pabrik regional kecil, beberapa pesaing memiliki pangsa pasar mendasar
sejalan dengan sumber-sumber keuangan, memasarkan pengetahuan, dan sistem-sistem
distribusi yang dapat menjadi ancaman serius akankah AQUA goyah.
Keberhasilan merek dagang AQUA telah menarik paling
tidak 10 peniru untuk menggunakan kata “aqua”. Tirto secara aktif
mempertahankan merek dagangnya, memenangkan pertarungan hukum melawan perusahaan yang
menggunakan nama Club AQUA dan Aquaria. Dalam keputusannya pada bulan Mei 1992,
Kejaksaan Agung di Indonesia memaklumkan bahwa kata “aqua”, bilamana digunakan
pada air dalam botol bukan nama latin yang umum, namun merek dagang yang dilindungi.
Pengacara AQUA membantah bahwa kata itu telah didaftarkan sebagai
merek dagang sejak 1973, diperbaharui di tahun 1986, bahwa AQUA telah
membelanjakan jutaan dolar mengiklankan merek dagang tersebut, dan
akibat dari pengiklanan ini, dibenak pelanggan Indonesia kata AQUA sambung
dengan air dalam botol yang diproduksi PT. AQUA Golden Mississippi. Oleh sebab
itu perusahaan air dalam botol yang lain tidak dapat menggunakan kata “aqua”
pada namanya atau logo kecuali dibawah perjanjian lisensi. Pengadilan telah
menyetujui.
Aktivitas yang
dilakukan antara
lain :
·
Pengembangan
produk
1.
Perusahaan
melakukan pengembangan produk dengan memperhatikan mulai dari awal pengisian
air sampai dengan pengemasan akhir dengan inovasi terbaru Tutup Aqua Galon yang
unik dan inovatif.
2.
Kemasan
Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga
galon ).
3.
Air PDAM
yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah
menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.
·
Penetrasi
Pasar
1.
Aqua
mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional.
2.
Mempunyai
peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar local.
3.
Jenjang
menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar.
·
Penciutan
Bisnis
1.
Meminimalisasi
biaya produksi.
2.
Mengurangi
penumpukan stock di gudang.
3.
Memaksimalkan
penggunaan bahan baku.
·
Diversifikasi
Konglomerat
1.
Track
record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap
bisnis produk Danone Food (Biskuat dll).
2.
Selain
air mineral yang sudah dikenal masayarakat luas, PT. Aqua Danone juga
meluncurkan minuman berisotonik yaitu Mizone, dimana pengiklanan Mizone ini
sangat variatif, sehingga menarik banyak peminta dari berbagai kalangan,
ditambah dengan rasa buah yang segar dan harga yang terjangkau.
Aktivitas
: Mendirikan Pabrik
mendekati Sumber air, Membuka depo-depo air isi ulang khusus Aqua pada
pemukiman padat penduduk
MANFAAT
Outputnya : - Bangunan pabrik yang lengkap
dengan tekhnologi pengemasan Aqua.
-Tersedianya alat untuk isi ulang
air Aqua.
Outcome : - Higienitas lebih terjaga dan
menghemat biaya angkut.
-
Mempercepat layanan bagi konsumen dan harga yang lebih murah.
Impact : -Keuntungan meningkat
-Penambahan pelanggan
Mengingat Aqua adalah perusahaan yang telah melayani masyarakat
hampir 40 tahun, Aqua juga menggunakan sumber daya alam yakni sumber air
bersih, oleh karena itu untuk menjaga kesinambungan serta keseimbangan
penggunaan sumber daya agar tetap terjaga dan manfaatnya bagi masyarakat luas
dan menciptakan pertumuhan sumber daya yang berkelanjutan. Oleh karena itu
dirasa penting Aqua melakukan kegiatan CSR, dalam rangka sebagai wujud komitmen
dan tanggung jawab sosial perusahaan dengan menerapkan kegiatan berbasis
masyarakat dalam menjalankan programnya. Kampanye yang telah dimulai sejak
tahun 2007 ini juga adalah sebuah kampanye berkelanjutan mengenai kebaikan alam.
Salah satu program Aqua adalah WASH (Water Access, Sanitation,
Hygiene Program) tujuanya untuk memberikan solusi dalam penyediaan air bersih
di Indonesia. Didalam program WASH ini adalah program ‘Satu Untuk Sepuluh’,
program ini juga mendukung program Millenium Development yang dicanangkan oleh
PBB tujuannya untuk memerangi kemiskinan dan kelaparan diberbagai belahan dunia
yang ditarget pada tahun 2015.
Program yang akan dibahas kali ini khusus pada CSR Aqua yang telah
terlaksana yaitu program “1L Aqua untuk 10L Air Bersih”, menurut Binahidra
Logiardi, manajer PT Tirta Investama yang membawahi perusahaan Aqua, slogan ini
adalah ungkapan simbiolis untuk memudahkan pemirsa mencerna pesan yang ingin
Aqua sampaikan, dimana setiap 1 liter yang terjual telah membantu
10 liter air bersih untuk 4 kecamatan.
Program ini didasarkan pada fakta yang menjelaskan bahwa ait adalah
kebutuhan mendasar bagi manusia, namun permasalahanya tidak semua orang dapat
mengakses air bersih, karena faktor demografis yang membutuhkan infrastruktur
memadai untuk itu. padahal kesehatan lingkungan dan diri adalah sesuatu yang
mahal dan harus dijaga oleh pribadi individu.
Program ini dilaksanakan di Timor Tengah Selatan karena berdasarkan
survey terbaru yang dilakukan ACF (Action Contre la Faim). NTT dianggap sebagai
wilayah yang tepat, karena sedang mengalami program kelangkaan air bersih
dibagian belahan timur Indonesia (program satu untuk sepuluh, 2007).
Masyarakat NTT juga masih kesulitan dalam mengakses air bersih, mereka harus
berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh, medanya pun terjal, berbatu
bahkan harus melewati sungai. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk membawa
pulang dan pergi air dalam jerigen tiap harinya.
Kelangkaan air ini sangat berpengaruh pada banyak aspek, mulai dari
anak anak yang mau tida mau harus membantu orang tua mereka untuk mendapatkan
air, sehingga waktu bermain dan belajar merekapun sering terabaikan oleh hal
ini, ancaman ragam penyakit juga menghantui mereka mulai dari demam berdarah,
diare hingga malaria adalah penyakit yang sudah biasa mereka derita.
Berangkat dari permasalahan diatas, Aqua berkomitmen untuk
memperbaiki kesejahteraan anak Indonesia. Untuk setiap liter produk Aqua
berlabel khusus yakni Aqua 600 mm dan 1.500 mm dijual maka konsumen telah
membantu program Aqua denga menyumbangkan 10 liter air bersih kepada masyarakat
yang membutuhkan. Selain itu Aqua akan memperpendek jarak sumber air ke
pemukiman penduduk dengan cara menempatkan pipa pipa ke tempat yang lebih mudah
dijangkau. Sehingga jarak tempuh satu jam kini bisa diubah dengan jarak 200
meter saja, karena air bersih akan disalurkan melalui pipa pipa tersebut.
Aqua telah memberikan akses tersebut kepada 12.000 penerima bantuan
dibeberapa desa kecamatan Boking dan Amanatun Utara NTT. Dalam program ini
sumber mata air pegunungan yang terdapat didesa ditutp dengan menggunakan
bangunan dari semen kemudian air tersebut dialirkan ke dusun melalui 11 titik
keran air, penyaluran tersebut menggunakan dua prinsip teknologi yakni
berdasarkan gravitasi dan pompa hidran. Panjang total pipa yang dibangun adalah
6 km,
Tujuan program
ini dikatakn berhasil karena targetnya telah terpenuhi :
- Perbaikan infrastruktur air bersihdan jumlah ketersediaan air bersih, telah dipangkasnya jarak tempuh yang jauh menjadi lebih dekat sehingga mempermudah kebutuhan hidup mereka.
- Terciptanya kesadaran hidup sehat malalui penyuluhan kesehatan.
- Kerjasama dengan stakeholder lokal untuk mendukung keberlanjutan program.
Komunikasi Persuasif Aqua
Dalam sebagian aktivitasnya di
eksternal perusahaan, Public relations (PR) melakukan sebuah komunikasi yang
secara tidak langsung bertujuan untuk mengajak dan mempengaruhi publik untuk
dapat mengikuti keinginan yang ditargetkan perusahaan, sehingga terbentuklah
sebuah sikap publik yang baik terhadap perusahaan. Public relations
dipandang sebagai sebuah usaha yang terencana dalam mempengaruhi opini publik,
yang umumnya dilakukan melalui komunikasi persuasive. Komunikasi persuasif
adalah suatu hal yang dilakukan hampir disemua aktivitas PR.
Salah satunya yaitu CSR, CSR adalah komitmen berkelanjutan
perusahaan untuk berperilaku secara etis dan berkontribusi kepada
pengembangan ekonomi dengan tetap meningkatkan kualitas hidup dari para pekerja
dan keluarga mereka begitu juga halnya dengan masyarakat sekitar perusahaan dan
masyarakat secara keseluruhan.
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial Aqua melakukan program CSR yang
berkaiatan dengan pelestarian lingkungan dan SDA, hal ini sinkron mengingat
Aqua adalah perusahaan yang berdasarkan pada air bersih (SDA) yang dari dulu
hingga sekarang telah menjadi kebutuhan paling mendasar. Jadi logikanya setiap
manusia yang ada didunia ini mau tidak mau pasti membutuhkan air bersih untuk
menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan lainnya.
Disinilah Aqua mampu masuk diantara kebutuhan tersebut, berkomitmen
menjadi sebuah perusahaan air minum dengan kadar sterilisasi yang tinggi
menjadikan Aqua memiliki kredibilitas luar biasa dimata publik. Didukung
lagi banyaknya program CSR Aqua yang semakin menarik simpatik publik bahwa Aqua
bukan hanya perusahaan yang mengejar profit semata, namun menunjukan perusahaan
yang berkomitmen tinggi untuk mengadakan perubahan sosial bagi masyarakat luas.
Kegiatan WASH yang diusung Aqua merupakan kegiatan CSR, dengan
bentuk kampanye PR. Kampanye PR sendiri adalah suatu proses komunikasi terarah
yang berprioritas dalam memberikan penerangan secara terus menerus kepada
khalayak agar terbangun suatu pemahaman, motivasi, pengetahuan baru yang akan
diterapkan dalam kehidupan sosial masyarakat. WASH adalah sebuah kampanye
jangka panjang karena Aqua bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan
pengetahuan publik serta menumbuhkan opini / persepsi positif tentang
pemanfaatan air bersih yang nantinya akan tercipta kepercayaan publik tehadap
Aqua.
Adapun aktivitas peiklanan AQUA sebagai berikut :
a). Promosi penjualan
Ada pusat-pusat distribusi AQUA di seluruh Indonesia yang
dioperasikan oleh PT Wirabuana Intren, distribusi tunggal produk AQUA.
Truk-truk AQUA yang ada di mana-mana memastikan pengiriman ke outlet-outlet
eceran dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan dispenser air AQUA untuk para
pekerjanya. Maskapai penerbangan yang utama seperti Garuda Indonesia, maskapai
penerbangan nasional Indonesia, menawarkan AQUA kepada para penumpangnya. Para
penumpang ini membutuhkan layanan yang dapat dipercaya.
AQUA kemudian memperluas kegiatan pemasarannya hingga ke pulau-pulau
terluar Indonesia. Untuk mengurangi biaya transportasi, berbagai fasilitas
produksi yang dioperasikan oleh pemberi lisensi yang memproduksi air pada
spesifikasi AQUA telah dibuka baru-baru ini di Manado, Sulawesi Utara, dan
Medan, Sumatra Utara. Meski demikian, hampir dua pertiga penjualan AQUA masih
di seputar daerah Jakarta, dengan disuplai oleh 5 fasilitas produksi yang
berlokasi di Jawa Barat yang mewakili 65% jumlah total kapasitas AQUA.
AQUA Group sekarang adalah perusahaan air minum kemasan terbesar di
wilayah Asia-Pasifik, yang menjual 300 juga liter air botol pada tahun 1992.
Memulai bukanlah hal yang mudah. Pada awalnya, banyak yang menertawakan gagasan
bahwa Indonesia akan membeli air minum semua, dimana satu liter air dengan
harga yang sama dengan satu liter bensin. Para pengejek berkelakar bahwa
menjual air kepada orang-orang Indonesia dengan iklim hutan hujan tropis
seperti halnya menjual balok-balok es kepada orang-orang Eskimo. Tetapi Tirto
tetap menjalankan gagasan tersebut. Sekarang koran-koran menyebut Tirto sebagai
Raja Air. Pabrik-pabrik pemrosesan milik AQUA Group secara keseluruhan memiliki
kapasitas produksi lebih dari 485 juta liter air per tahun, dan mengekspor AQUA
ke Singapura, Malaysia, Filipina, dan Australia.
b). Public relations
Peran PR sangat strategis baik untuk pencitraan perusahaan maupun
produk. Sebab, apa yang akan dilakukan perusahaan harus melalui perencanaan
yang baik dengan cara antara lain, mengidentifikasi dan memahami isu, pemetaan
pemangku kepentingan, pendekatan kegiatan yang tepat dan pengawasan. Karena itu,
pendekatan komunikasi baik internal maupun eksternal sangat penting dilakukan
terkait dengan reputasi perusahaan. Selain itu kita juga melibatkan pihak
ketiga yakni orang-orang yang kredibel untuk bicara soal Aqua, seperti media,
ahli dan pemerintahan. PR yang baik adalah, memiliki integritas dalam dunia kehumasan, dan
dalam konteks Aqua PR adalah paham benar soal industri air. PR juga harus
mempunyai jaringan baik dan luas, memiliki kemampuan bahasa asing dan keahlian
komunikasi atau cara presentase yang bagus. Seorang PR juga harus memiliki
ambisi atau tekad masa depan yang lebih maju.
c). Direct selling
penawaran harga khusus yang dilakukan oleh AQUA. Misalnya dengan
membeli kemasan bertanda khusus, anda akan mendapatkan harga yang lebih murah
dari biasanya.
the database (mendapatkan data customer-nya dan menggunakan data itu untuk penawaran selanjutnya) dan the response (memberikan respon yang baik terhadap customer, misal: dengan membuat toll-free-line untuk layanan customer) sedangkan back end berusaha mempertemukan harapan konsumen dengan produk, mencakup fulfillment (yakni membuat produk atau informasi yang diminta oleh konsumen cocok, efektif dan tepat waktu).
the database (mendapatkan data customer-nya dan menggunakan data itu untuk penawaran selanjutnya) dan the response (memberikan respon yang baik terhadap customer, misal: dengan membuat toll-free-line untuk layanan customer) sedangkan back end berusaha mempertemukan harapan konsumen dengan produk, mencakup fulfillment (yakni membuat produk atau informasi yang diminta oleh konsumen cocok, efektif dan tepat waktu).
d). Personal selling
Strategi pemasaran awal tidak ditujukan di Indonesia. Tirto
bertujuan membentuk sebuah pasar kecil yang menyediakan air minum dan es bagi
orang-orang asing di Jakarta. Sangat mengejutkan, tes pemasaran AQUA di
terminal-terminal bus besar di Jakarta dan sepanjang jalan pantura Jawa
mengungkapkan bahwa orang-orang Indonesia memiliki kemauan untuk membeli air
kemasan botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota-kota besar ke desa-desa
kecil di pedalaman. Tetapi harapan konsumen harus dipertimbangkan. Meskipun
AQUA mengandung bahan-bahan yang sehat, itu pada dasarnya bukanlah apa-apa
kecuali hanya air dalam kemasan botol. Itu bukan karbonasi atau rasa. Akan
tetapi, sejak awal AQUA umumnya diebut “Air Mineral AQUA“. Orang-orang Indoneia
tidak tahu apa yang diharapkan. Pada sampel promosi penjualan awalnya AQUA
diberikan kepada para pengunjung bioskop. Tirto mendengar seorang perempuan tua
mengatakan “Bagaimana ini bisa tidak memiliki rasa ? Ini hanya air biasa. AQUA
perlu citra yang lebih baik daripada sekedar “air biasa.”
E. KESIMPULAN
Dalam
menciptakan sebuah produk, kita harus memiliki kelebihan yang ada pada produk
kita dibandingkan dengan produk-produk yang lai, dan kita harus membuat
konsumen yakin terhadap kualitas produk yang kita buat. Selain harus memiliki
kelebihan tersendiri dan kualitas yang baik, keberhasilan penjualan suatu
produk juga tidak lepas dari aktivitas periklanan.
Peran
periklanan sangan kuat terhadap pengenalan produk kita kepada masyarakat, iklan
yang dibuat juga harus menarik, agar konsumen tertarik untuk melihat tersebut
dan mengetahui produk apa yang diiklankan.
F. DAFTAR
PUSTAKA
catatanmanda.blogspot.com/2012/01/tugas-akoh.html
getuk.wordpress.com/2006/12/22/aqua-golden-mississippi-2/
TUGAS
KELOMPOK
KOMUNIKASI
PEMASARAN TERPADU
BRAND
“AQUA”

KELOMPOK
:
WIRA
DEKSA 153100058
DEDI
SUPROBO 153100097
CHAIRUL
SYAFI’I 153100102
MUHAMMAD
ZIA 153100183
SIGIT
NURCAHYO 153100251
JURUSAN
ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN”
YOGYAKARTA